Senin, 14 Maret 2011

11 Fakta Tentang Nyamuk


1. Nyamuk tidak menggigit melainkan menghisap

2. Di dunia ini terdapat 2.500 jenis nyamuk. Beberapa pakar serangga malah menyebutkan angka 3.000. Ribuan nyamuk itu tersebar dari kawasan Tundra di Artic hingga hutan tropis yang terik.

3. Nyamuk suka tempat yang gelap.

4. Seperti manusia, nyamuk juga punya selera. Ada yang doyan darah manusia, ada yg lebih doyan darah kuda, burung, atau kura2...

5. Dibutuhkan sekitar 1.200.000 nyamuk dan masing2 menghisap 1 kali untuk bisa secara total mengeringkan darah dari tubuh seorang manusia.

6. Sejumlah periset yang sedang meneliti di Artic dan sedang bertelanjang tangan, kaki, dan dada dilaporkan terkena 9.000 "gigitan" per menit dari sekelompok nyamuk yang baru menetas. Dengan "gigitan" sebanyak itu, para peneliti itu dapat mati dalam waktu 2 jam.

7. Sayap nyamuk mengepak sebanyak 300-600 kali per detik.

8. Para peneliti Nyamuk dari Kanada pernah memasang sinyal kimia pada nyamuk2 yang dijadikan kelinci percobaan. Begitu seekor nyamuk kenyang, sinyal kimia itu tertutup dan menghalangi masuknya darah. Kalau sinyal itu macet, nyamuk akan terus menghisap darah sampai tubuhnya meledak.

9. Menurut penelitian Universitas Bristol, kuping nyamuk jantan dilengkapi dengan sensor dalam jumlah yang sama dengan kuping manusia. Sensor2 itu memungkinkan nyamuk jantan mengejar nyamuk betina yang sedang berkeliaran.

10. Kalo nyamuk jantan berhasil mendeteksi dengung nyamuk betina, dalam waktu satu atau 2 detik dia mulai melakukan pengaturan suara agar suara yang keluar dari tubuhnya selaras nyamuk betina.

11. Nyamuk saat menghisap darah, akan memasukkan air liur nyamuk. Tujuannya untuk membekukan darah kita yang sedang mengalir dengan sekejap. (Jadi nyamuk bisa menghisap dengan nyantainya). Air liur yang tertinggal di dalam kulit itulah yang membuat rasa gatal....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar